Diploma Kesehatan

Minggu, 25 September 2011

Elok

Elox
Rating: -. Direkomendasikan oleh 1 pembaca. Beri rekomendasi:
Elox
Indikasi:
Untuk mereringankan manifestasi inflamasi dan pruritus dari dermatosis yang responsif terhadap kartikosteroid seperti psoriasisdan dermatitis atopik.

Kontra Indikasi:
Penyakit tuberkulosis, herpes simpleks, varisela dan penderita yang sensitif terhadap Mometasone Furoate atau terhadap salah satu komponen dari sediaan ini.

Komposisi:
Tiap gram krim ELOX 0.1% mengandung Mometasone Furoate 1 mg.

Farmakologi:
Mometasone Furoate adalah kartikosteroid sintetik yang memiliki sifat-sifat anti inflamasi, anti pruritik dan vasokonstriktif.

Dosis:
Dioleskan tipis-tipis pada daerah yang sakit sehari sekali. jangan ditutup dengan kasa pembalut.

Efek Samping:
Efek samping lokal yang dilaporkan meliputi rasa terbakar, pruritus, rasa gatal, tersengat dan tanda-tanda atropi kulit. Efek samping lokal kulit ini jarang dilaporkan dengan pemakaian kortikosteroid topikal: easa terbakar, gatal, iritasi, keluit kering, folikulitis, hipertrichosis, erupsi menyerupai jerawat, hipopigmentasi, dermatitis perioral, dermatitis kontak alergi, maserasi kulit, infeksi sekunder, atropi kulit, striae dan miliaria.

Peringatan dan Perhatian:
  • Bila terjadi iritasi atau sensitisasi karena pemakaian ELOX krim, pengobatan harus dihentikan dan diberikan terapi yang sesuai.

  • Bila terjadi infeksi, harus diberikan preparat anti fungal atau anti bakteri yang sesuai.

  • Bila respon yang diinginkan tidak segera terjadi, kortikosteroid harus dihentikan sampai infeksi terkendalikan secara memadai.

  • Setiap efek samping yang pernah dilaporkan dengan pemberian kartikosteroid sistemik, termasuk supresi adrenal, juga dapat terjadi dengan pemberian kortikosteroid topikal, terutama pada bayi dan anak-anak.

  • Absorpsi sistemik dari kortikosteroid topikal akan ditingkatkan bila permukaan kulit yang diobati luas atau bila digunakan cara oklusif. Harus diberikan perhatian pada kondisi demikian ini, atau bila diberikan dalam jangka waktu panjang, terutama pada bayi dan anak-anak. Pasien pediatrik mungkin memperlihatkan kerentanan yang lebih besar atau supresi poros hipotalamus pituitaria akibat induksi kortikosteroid topikal dan Sindroma Cushing daripada pasien dewasa karena rasio luas permukaan kulit dibanding berat badan yang lebih besar. Terapi kortikosteroid kronis dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Terapi dengan kortikosteroid dilakukan apabila terapi obat lain yang kurang toksik tidak efektif.

  • Tidak boleh digunakan untuk mata.

  • Keamanan pemakaian pada wanita hamil belum ditetapkan. Pemakaian kortikosteroid topikal selama kehamilan hanya dianjurkan bila potensi manfaatnya lebih besar daripada potensi resikonya terhadap janin.

  • Bagi ibu yang sedang menyusui, harus diputuskan untuk menghentikan menyusui, atau menghentikan pemakaian obat, karena belum diketahui apakah produk Mometasone Furoate diekskresikan dalam air susu.

Penyimpanan:
Simpan di tempat sejuk (15 - 25 derajat Celcius) dan kering.

HARUS DENGAN RESEP DOKTER
Resensi (http://www.dechacare.com)

Jenis: Cream

0 komentar:

DechaCare.com, Situs Pelayanan Kesehatan
Informasi Obat, Informasi Kesehatan, Forum Kesehatan, Kalender Kesehatan, Humor Kesehatan, Situs Pelayanan Kesehatan